PIjAT OKSITOSIN

Oksitosin adalah hormon yang terlibat dalam proses persalinan dan menyusui.Pijat tidak secara langsung meningkatkan produksi oksitosin, tetapi relaksasi dan sentuhan positif dapat membantu merangsang pelepasannya. Namun penting untuk diingat bahwa pijat tidak boleh digunakan sebagai penganti perawatan medis yang sesuai.

Pijatan oksitosin dapat merangsang relaksasi dan mungkin mendukung pelepasan oksitosin dan termasuk pijatan lembut pada pundak,leher atau punggung. Pijatan ini bertujuan untuk mengurangi stres dan menciptakan perasaan kenyamanan, yang dapat membantu merangsang pelepasan hormon oksitosin. Namun, perlu diingat bahwa pijatan sendiri tidak dapat memicu produksi oksitosin secara signifikan, dan efeknya mungkin bervariasi antar individu. Konsultasikan dengan ahli kesehatan jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran.

Selain itu kegunaan pijat oksitosin adalah untuk melancarkan produksi asi pada ibu menyusui. Pijat oksitosin bisa dilakukan kapanpun ibu mau dengan durasi kurang lebih 15 menit,lebih disarankan dilakukan sebelum menyusui atau memerah asi.

Langkah-Langkah Melakukan Pijat Oksitosin ;

1.Sandarkanlah bagian depan tubuh hingga punggung dalam posisi diap dipijat.

2.Minta suami memijat tulang bagian tulang belakang Moms

3.Gunakan dua kepalan tangan dengan ibujari menunjuk kedepan untuk memijat.

4.Pijatan oksitosin di berikan dua kali/hari pagi dan sore



Apa manfaat dari pijat oksitosin?

Pijat oksitosin ini dilakukan untuk merangsang refleks oksitosin Atau let down reflex. Selain untuk merangsang let down reflex manfaat pijat oksitosin adalah memberikan kenyamanan pada ibu, mengurangi bengkak, mengurangi sumbatan ASI, Merangsang pelepasan hormone oksitosin, mempertahankan produksi ASI.


Apa manfaat pijat oksitosin pada ibu hamil?

Manfaat pijat oksitosin adalah memberikan kenyamanan pada ibu, mengurangi bengkak, mengurangi sumbatan ASI, merangsang pelepasan hormone oksitosin, mempertahankan produksi ASI ketika ibu dan bayi sakit (Depkes, 2011). Pijat oksitosin bisa dilakukan kapanpun ibu mau selama 3-5 menit, sebelum menyusui atau memerah ASI. Untuk ibu hamil ushakan lakukan atau diterapkan setelah umur kehamilan diatas 36 Minggu, sebab akan memicu kontraksi.


itulah manfaat dan tata cara pemijatan oksitosi untuk ibu hamil dan ibu nifas semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan produksi ASI dan mencukupi kebutuhan nutrisi bagi bayi.

PMB kami kedepannya akan melayani pemijatan oksitosin untuk ibu hamil dan ibu nifas yang akn dilanjutkan dengan pemijatan LACTASI







Comments